Manfaatkan Peluang Usaha Peternakan, Dijamin Untung!

Peluang Usaha Peternakan

Peluang usaha peternakan di Indonesia sebetulnya bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah pasti membutuhkan pangan setiap harinya. Daripada harus impor, Anda bisa memanfaatkan ini sebagai bisnis.

Selain untuk kebutuhan pangan pribadi, biasanya para pengusaha kuliner akan mencari tempat peternakan supaya bisa mendapatkan harga lebih murah. Sehingga hal tersebut menjadikan peluang bisnis ternak sangat menguntungkan.

Sebetulnya ada banyak sekali ide bisnis peternakan yang bisa Anda kembangkan. Dimulai dari kebutuhan konsumsi daging, ikan, telur, hingga susu. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh manusia sehari-hari.

Perhatikan Tips Menjalankan Peluang Usaha Peternakan

Usaha peternakan bisa dikatakan cukup mudah untuk dijalani karena dapat dilakukan secara individual maupun kerja sama. Lalu jika ingin mencoba ranah bisnis peternakan, sebaiknya harus memulai dari mana?

1.     Tentukan Jenis Usaha Peternakan

Pertama-tama Anda harus memastikan hendak mengembangkan bisnis peternakan apa. Jenis-jenis usaha peternakan sendiri ada berbagai macam, mulai dari unggas, lele, sapi, kambing, atau hewan lainnya.

2.     Pilih Lokasi Usaha Strategis

Jangan memilih lokasi peternakan ditengah pemukiman warga, karena sudah pasti akan mengganggu kenyamanan warga sekitar. Setidaknya sediakan tempat terbaik, modal yang cukup, sekaligus kemampuan mengembangkan peternakan.

3.     Persiapkan Tempat dengan Baik

Tips peluang usaha ternak supaya sukses selanjutnya yaitu dengan membangun kandang bagi peternak hewan darat, atau kolam bagi hewan laut. Anda harus menghitung kapasitas serta menyiapkan kenyamanan bagi hewan ternak.

4.     Pilih Bibit Unggul

Tujuan membangun bisnis ternak tentunya untuk mendapatkan keuntungan. Anda perlu memilih bibit unggul dengan cara mempelajari setiap jenis hewan ternak. Bibit unggul mampu menghasilkan kualitas ternak terbaik.

5.     Menyiapkan Vitamin Hewan Ternak Terbaik

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting merupakan kebutuhan nutrisi hewan ternak. Pastikan juga para hewan tidak stress agar hasilnya bisa lebih maksimal. Pilih juga jenis makanan dari produsen berkualitas.

6.     Rajin Melakukan Pembersihan dan Perawatan

Pelajari bagaimana cara merawat hewan ternak yang tepat. Kemudian pastikan melakukan perawatan kandang atau kolam peternakan rutin. Bila perlu periksakan hewan ternak setiap bulan untuk memantau kondisinya.

Referensi Jenis Usaha Peternakan

Ada beberapa ide membuka bisnis ternak hewan yang bisa Anda lakukan. Referensi berikut ini merupakan bisnis ternak yang mudah dilakukan, serta paling cepat mendapat keuntungan.

1.     Sapi

Daging merupakan salah satu kebutuhan pangan terbesar. Apalagi saat ini banyak sekali rumah makan bertema daging panggang. Anda bisa memulai bisnis ternak sapi dengan bekerja sama bersama beberapa restoran daging.

2.     Ayam

Selain sapi, ayam menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Berbagai bahan olahan masakan ayam pasti laku di pasaran. Hal ini bisa menjadi pertimbangan peluang usaha daging ayam.

3.     Ayam Petelur

Bagian telur ayam tidak kalah menjanjikannya seperti daging. Sebagai sumber protein utama, telur menjadi bahan pangan utama yang paling dicari. Pastikan Anda mendapatkan bibit telur unggulan agar kualitasnya unggulan.

4.     Kambing

Pengusaha kuliner juga menyasar daging kambing sebagai bahan utama restoran. Apalagi jika mendekati Hari Raya Idhul Adha, permintaan kambing pasti melonjak tajam. Karenanya usaha ternak kambing ini bisa Anda coba.

5.     Ikan Lele

Perawatan dalam beternak lele tidak begitu sulit, oleh sebabnya beternak ikan lele selalu menjadi pertimbangan utama para pebisnis baru. Banyaknya kuliner pecel lele membuktikan bahwa lele mampu meraup banyak keuntungan.

6.     Bebek

Cara perawatan bebek tidak sulit, asalkan rajin melakukan pembersihan, pemberian vitamin, serta mengecek kondisi kesehatannya maka bebek akan menghasilkan kualitas unggulan. Terlebih, pengusaha kuliner pecel biasanya membutuhkan bebek atau ayam.

Bila sudah mengetahui akan membuka usaha peternakan yang mana, jangan lupa melihat kompetitor lain untuk melakukan analisa pasar. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui harga pasaran bibit maupun harga jualnya.

Menjaga kualitas dan kesehatan hewan juga menjadi hal penting. Usahakan jangan sampai hewan ternak terpapar virus atau penyakit mematikan lain. Pemberian pakan terbaik mampu meningkatkan kualitas hewan.

Tidak hanya mempelajari tentang cara merawat hewan, Anda juga harus mengetahui cara mengelola keuangan yang tepat. Dengan begitu, peluang usaha peternakan menjadi bisnis yang mudah dilakukan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama