Download Aplikasi Cek Bansos, Cara Daftar dan Jenis Bansos

Download Aplikasi Cek Bansos, Cara Daftar dan Jenis Bansos

Program pemerintah Bantuan Sosial (Bansos) kini memanfaatkan teknologi dengan meluncurkan aplikasi cek bansos. Tujuan pemanfaatan teknologi ini untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam menerima dana bantuan.

Selain bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri, aplikasi ini berguna untuk menyimpan data pada satu server. Kemudian pihak pengelola aplikasi (pemerintah) akan mendapatkan data dengan mudah, sehingga kinerja bantuan lebih maksimal.

Dengan adanya aplikasi, masyarakat lebih mudah mengakses informasi terkait dana bansos. Karena aplikasi ini menyediakan fitur pendaftaran, hingga cek penerimaan bansos. Apa saja yang harus diperhatikan untuk mendaftar aplikasi bansos?

Perhatikan Syarat dan Cara Daftar Aplikasi Cek Bansos

Platform ini sangat membantu masyarakat Indonesia untuk mengetahui apakah menerima bantuan. Tersedia juga berbagai macam jenis seperti BLT Minyak Goreng, BLT Dana Desa, Prakerja, BPNT, PKH dan lainnya.

Hadirnya platform cek bansos online mampu mengurangi praktek kecurangan penyaluran dana. Sehingga pemberian bantuan lebih transparan tanpa adanya oknum jahat yang suka menyalahgunakan dana program ini.

Terutama di daerah-daerah pelosok yang membutuhkan perhatian ekstra. Petugas juga sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Cukup dengan satu genggaman saja, petugas tidak perlu repot membawa berkas kemana-mana.

Bagaimana jika membutuhkan informasi lebih mengenai program pemerintah ini? Dalam aplikasi menyediakan berbagai informasi kontak seperti email atau nomor instansi terkait. Anda tinggal menghubungi nomor tersebut bila terjadi kendala.

Syarat utama penerima bansos tentunya harus berkewarganegaraan Indonesia. Sehingga harus dibuktikan dengan menyerahkan KTP, NIK, dan KK saat melakukan registrasi. Untuk mendapatkan aplikasinya bisa melalui Playstore atau App Store.

1.     Selesai mendownload aplikasinya, Anda harus membuat akun lebih dulu.

2.     Input KTP, KK dan data lain sesuai kolomnya, kemudian upload semua

3.     Anda akan diminta melakukan Selfie sambil memegang KTP

4.     Selanjutnya pendaftaran selesai, Anda hanya perlu menunggu verifikasi sampai tiga hari

5.     Jika sudah tervalidasi maka bisa membuka aplikasi ulang

6.     Selesai, Anda bisa mengecek status bantuan

Selain mendaftarkan diri sendiri, aplikasi ini dapat mendaftarkan anggota keluarga lain yang membutuhkan. Anda hanya perlu masuk ke profil, lalu pilih opsi ‘Daftar Usulan’ kemudian masukkan data lain yang diminta.

Jenis Bansos yang Ada di Aplikasi Ini

Pendaftaran bantuan sosial yang dibutuhkan masyarakat sangat beragam. Pihak pengelola mengembangkan jenis program bantuan lain yang dapat didaftarkan melalui aplikasi ini. Bagi yang belum tahu dapat menyimak jenis bansos berikut.

1.     PKH (Program Keluarga Harapan)

PKH memiliki nominal bantuan berbeda pada setiap rumah. Biasanya dilihat dari anak usia dini, disabilitas, ibu hamil, lansia, serta umur anak. Bantuan yang diterima mulai dari Rp 900 ribu sampai Rp 2,4 juta.

PKH diberikan pada masyarakat miskin setiap tahun dengan periode pencairan dana dari satu sampai tiga bulan sekali. Syarat maksimal yang ditanggung bantuan ini 4 orang anggota keluarga.

2.     Kartu Prakerja

Dana program Kartu Prakerja dicairkan selama 4 bulan dengan syarat Anda mengambil pelatihan skill. Tujuannya agar meningkatkan skill masyarakat melalui pelatihan, dengan begitu akan mencetak generasi produktif.

Syaratnya, belum mendapatkan pekerjaan, belum menerima dana lain, memiliki tanggungan keluarga, serta sudah vaksin Covid. Jadi bantuan ini sangat bermanfaat dalam jangka panjang karena mampu meningkatkan skill.

3.     BPNT

Jenis bansos selanjutnya Bantuan Pangan Non-Tunai (BNPT). Dimana bantuan yang diserahkan berupa beras, telur, minyak goreng, buah, dan kebutuhan pokok lainnya.

Nilai bantuan setara dengan nominal Rp 200 ribu setiap pencairannya. Program ini bekerja sama dengan warung penjual bahan pangan lokal, namun syaratnya warung tersebut sudah terdaftar di E-Warung Kemensos.

4.     BLT Minyak Goreng

Sasaran bantuan ini mencapai 20,65 juta keluarga kurang mampu, dengan nominal pencairan uang sebesar Rp 100 ribu per bulan. Harapannya, BLT minyak goreng dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat Indonesia.

Dari berbagai jenis program bantuan yang dikeluarkan membuktikan bahwa pemerintah sangat memperhatikan kesejahteraan rakyat Indonesia. Terlebih pemanfaatan dari teknologi dapat meratakan dana agar tepat sasaran.

Dengan mendaftarkan diri melalui platform bansos online, Anda bisa merasakan berbagai manfaatnya. Aplikasi cek bansos merupakan wujud nyata kinerja program pemerintah yang mengabdi pada masyarakat Indonesia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama