Memanfaatkan Peluang Usaha di Desa, Solusi Dapatkan Uang

Memanfaatkan Peluang Usaha di Desa, Solusi Dapatkan Uang

Guna mendongkrak penghasilan, masyarakat bisa memanfaatkan peluang usaha di desa dengan melihat potensi sumber daya yang ada. Pemerintah sedang gencar melakukan pemerataan sektor ekonomi di pedesaan.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kesenjangan ekonomi masyarakat di dalamnya. Demi meningkatkan sumber daya manusia, masyarakat pedesaan harus mulai menyadari potensi di sekitar dan keluar dari zona nyaman.

Peluang Usaha di Desa Ini Bisa Dijadikan Pilihan

Terpuruknya ekonomi di pedesaan diakibatkan oleh paradigma warganya yang lebih memilih untuk merantau dan bekerja di ibukota. Padahal dengan biaya hidup relatif tinggi di ibukota, dengan banyaknya sistem kerja outsourcing akan semakin mempersulit keadaan.

Pemuda harus mulai membuka peluang usaha di desa untuk memenuhi kebutuhan dari kalangan Anda sendiri. Sehingga, pola pikir menjadi seorang pekerja harus mulai diubah dengan menjadi pengusaha. Berikut beberapa ide usaha yang kami rekomendasikan.

1.     Berjualan Pulsa

Berjualan pulsa merupakan ide berwirausaha dengan modal kecil dan fleksibel. Anda tidak harus membuka sebuah counter untuk mulai jual pulsa. Anda tidak akan kesulitan menemukan agen atau distributor all operator.

Bisnis pulsa memiliki pasar sangat luas yang mencakup semua kelas ekonomi dalam masyarakat. Hampir semua lapisan masyarakat membutuhkan pulsa sebagai akses komunikasi sehari-hari.

2.     Distributor Galon

Peluang usaha di desa selanjutnya adalah bisnis calon. Pada umumnya, desa memiliki sumber mata air melimpah dan memiliki kualitas tanah yang baik. Dengan bisnis ini, Anda sudah memiliki bahan baku utama berupa air bersih.

Selanjutnya untuk keperluan penyaringan, semua alat instalasi untuk usaha depot air minum tersedia secara online dan offline sehingga mudah ditemukan. Dari segi harga, alat-alat tersebut juga tidak terlalu mahal.

Ditambah, hampir semua masyarakat saat ini menggunakan dispenser listrik untuk memenuhi kebutuhan minum sehari-hari. Tentu saja, ide bisnis ini memiliki prospek yang baik serta mudah dilakukan.

3.     Jual Token Listrik

Saat ini, masyarakat mulai beralih ke sistem pra bayar atau token listrik termasuk masyarakat desa. Hal ini dapat dijadikan peluang usaha di desa yang tidak memerlukan banyak modal atau lainnya.

Untuk menjadi reseller token listrik, Anda bisa mencari distributor token listrik PLN terdekat. Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi reseller. Jadi, ide usaha ini sangat menjanjikan mengingat listrik adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

4.     Pertanian Hidroponik

Pada umumnya, di pedesaan sudah tidak asing dengan pertanian. Mata pencaharian utama sebagian masyarakatnya adalah petani. Hidroponik adalah cara menanam dengan mengandalkan media tanam berupa air.

Hidroponik menjadi salah satu trend baru yang bisa dimanfaatkan bagi Anda yang tidak memiliki lahan cukup luas untuk bercocok tanam. Tanaman hasil hidroponik tidak kalah berkualitasnya dengan hasil panen petani di kebun atau sawah.

Hidroponik menjadi salah satu peluang usaha di desa karena cara kerjanya cukup mudah dan menghasilkan. Pemula dapat mengakses berbagai tutorialnya di kanal YouTube atau website khusus.

Keuntungan lain dari hidroponik yakni terhindar dari hama seperti di sawah atau ladang. Karena biasanya, tanaman digantung atau diletakkan di halaman rumah menggunakan media botol bekas atau peralon.

Hasilnya, bisa dijual ke warga sekitar sebagai alternatif membeli sayuran tanpa harus ke pasar. Tanaman juga lebih fresh karena dipanen secara langsung di tempat. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi hasil panen secara pribadi.

5.     Ternak Ikan Lele jadi Peluang Usaha di Desa

Lele merupakan kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat. Selain murah, lele juga memiliki kandungan protein tinggi dan mudah didapatkan. Ikan jenis ini mudah bertahan hidup karena tidak memerlukan perawatan khusus.

Anda dapat memanfaatkan lahan kecil kosong untuk dijadikan kolam sederhana, atau jika memang sudah mempunyai kolam itu lebih bagus. Lele sangat mudah beradaptasi pada keadaan suhu dalam air. Untuk makanannya, tersedia lengkap di pet shop.

Pertumbuhan lele juga cenderung cepat, hanya kisaran bulan saja sudah bisa dipanen. Hasil panen dapat didistribusikan secara langsung ke konsumen, atau disalurkan ke penjual lele di pasar.

Banyak sekali potensi di pedesaan yang bisa dijadikan peluang berwirausaha. Semua tergantung strategi penjualan. Dengan memanfaatkan berbagai hasil bumi dari desa, bisa dijadikan penghasilan tambahan untuk memperbaiki ekonomi masyarakatnya.

Justru dengan penguasaan sumber daya alam yang baik, dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kualitas ekonomi di dalamnya. Dengan banyaknya peluang usaha di desa, warga tidak harus merantau ke ibukota untuk mencari mata pencaharian.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama