Mengenal Aplikasi Cek BPJS Kesehatan Mobile JKN

Mengenal Aplikasi Cek BPJS Kesehatan Mobile JKN

Aplikasi cek BPJS Kesehatan merupakan hal baru yang dapat digunakan oleh setiap peserta asuransi tersebut, penggunaannya cukup mudah sehingga setiap peserta dapat melakukan pengecekan di manapun mereka berada. Bahkan tidak terdapat biaya untuk mengenakannya.

Pembuatan aplikasi tersebut dilakukan supaya peserta dapat dengan mudah melakukan pengecekan melalui ponselnya, sehingga saat ini Anda tidak perlu repot membuka website guna melakukan pengecekan. Baik pengecekan iuran serta nomor keikutsertaan BPJS itu.

Namun sebelum memahami lebih dalam mengenai apk cek BPJS kesehatan, Anda harus lebih memahami terlebih dahulu apa itu BPJS. Hal ini dikarenakan sudah banyak orang yang belum memahami definisi detailnya, sehingga banyak orang salah sangka saat membayar.

Definisi serta Penjelasan Singkatnya Tentang BPJS

BPJS sendiri merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, di mana badan ini bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat Indonesia. Hal tersebut sendiri telah diatur dalam Undang Undang nomor 24 tahun 2011, yang membahas tentang BPJS sendiri.

Penyelenggaraan jaminan sosial tersebut sendiri dibuat dengan tujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat. Perlindungan ini dapat berupa perlindungan sosial kepada masyarakat, hal tersebut bertujuan guna memberikan pemenuhan kebutuhan dasar rakyat.

Dalam kegiatan menikmati berbagai fasilitas dalam pelayanannya, kini badan tersebut sudah memiliki aplikasi yang dapat digunakan oleh pesertanya. Anda bisa mengunduhnya melalui playstore dengan nama mobile JKN, tentu saja aplikasi ini gratis dan mudah untuk diunduh.

Aplikasi Cek BPJS Kesehatan Mudah Diunduh Lewat Smartphone

Salah satu keunggulan aplikasi mobile JKN adalah mudah diunduh lewat ponsel mana saja. jika Anda merupakan pengguna android, bisa mengunduh mobile JKN secara gratis tanpa perlu membayar, download sizenya juga kecil sehingga mudah.

Selain itu jika ponsel milik Anda adalah iphone tidak perlu merasa khawatir, karena mobile JKN kini juga dapat diunduh melalui appstore. Cara unduhnya juga tidak rumit tinggal pergi menuju playstore maupun appstore, kemudian ketik nama aplikasi mobile JKN di search bar.

Ukuran download mobile JKN juga sangat ringan, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak kuota untuk dapat mengunduhnya. Proses penginstalannya juga dapat dilakukan secara mudah, karena merupakan aplikasi legal sehingga proses instalasi dilakukan dengan mudah.

Perlu Menyiapkan Nomor KTP

Mobile JKN sendiri merupakan aplikasi milik program jaminan kesehatan nasional republik Indonesia, proses pengembangan serta pembuatan aplikasi deprogram langsung oleh BPJS Kesehatan. Sehingga semua data peserta dapat dengan mudah diakses menggunakannya.

Namun jika Anda ingin menggunakan aplikasi tersebut, harus mempersiapkan nomor NIK atau KTP terlebih dahulu. Nomor ini nantinya akan digunakan sebagai proses verifikasi peserta, jika nomor tersebut sudah terdaftar dapat langsung melakukan login tanpa adanya masalah.

Namun jika belum terdaftar, Anda harus mengurusnya terlebih dahulu pada kantor BPJS kesehatan setempat. Penggunaan NIK ini digunakan sebagai langkah proteksi yang diterapkan BPJS, sehingga hanya peserta terdaftar saja yang dapat mengggunakan aplikasi tersebut.

Cara Mudah Melakukan Pengecekan

Jika sudah mengunduh mobile JKN baik melalui playstore serta appstore, kini Anda akan mempelajari cara untuk melakukan pengecekan pada aplikasi tersebut. cara pengecekan sendiri dapat dilakukan dengan mudah, namun harus dipelajari terlebih dahulu supaya lancar.

Langkah mudah untuk mengaksesnya pertama setelah berhasil membuka aplikasi lakukan proses login dengan menuliskan nomor KTP serta password, jika belum punya password lakukan proses pendaftaran. Bisa dilakukan secara online atau lewat kantor cabang BPJS.

Setelah berhasil ketikkan code captcha yang tertulis baru klik tombol login, setelah berhasil login klik pada bagian info peserta. Pada bagian tersebut identitas peserta akan muncul, lalu pilih menu profil lalu identitas peserta dapat dicek pada bagian tersebut dengan mudah.

Berbagai Fitur Lainnya

Selain dilakukan untuk melakukan pengecekan identitas peserta, mobile JKN juga memiliki berbagai fitur lainnya. Penggunaan fitur tersebut dibuat dengan tujuan mempermudah peserta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dalam satu genggaman lewat ponsel.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda bisa menikmati berbagai kemudahan didalamnya mulai dari pengecekan ketersediaan kamar di rumah sakit, pendaftaran pelayanan kesehatan, serta mengecek jadwal dokter jika ingin memeriksakan kesehatan.

Penggunaan mobile JKN juga dapat memberi tahu pesertanya mengenai data serta jenis obat yang ditanggung oleh BPJS, sehingga Anda tidak perlu bingung mengenai skema pembayaran obat saat sedang berobat di klinik maupun rumah sakit.

Penggunaan mobile JKN sangat bermanfaat karena dengan menggunakannya akan mempermudah Anda jika ingin melakukan pengecekan kesehatan, karena hanya perlu membuka aplikasi cek BPJS kesehatan tersebut saja.


#aplikasi cek BPJS kesehatan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama