Ide Peluang Usaha Rumahan Minim Modal Untung Besar

Ide Peluang Usaha Rumahan Minim Modal Untung Besar

Bagi Anda seorang ibu rumah tangga, sekarang banyak peluang usaha rumahan yang menjanjikan dan cocok untuk ditekuni sebagai pemula. Seringnya, seorang pebisnis baru ragu untuk terjun karena masalah modal.

Belakangan ini, banyak ide jualan modal kecil dengan keuntungan besar yang banyak diminati kaum milenial. Masyarakat harus mengubah pola pikir serta keluar dari zona nyaman yang semula seorang pekerja menjadi wirausaha.

Peluang Usaha Rumahan yang Bisa Dipilih

Dengan berwirausaha, Anda punya kesempatan mengatur pemasukan dan pengeluaran fleksibel serta keuntungan yang didapat lebih besar. Terlebih bagi ibu rumah tangga, Anda bisa mengatur jam kerja secara pribadi menjadi alasan tepat untuk mulai terjun berbisnis.

Seiring perkembangan zaman yang serba online, pengusaha bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memperkecil modal. Kami menyarankan beberapa ide peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa dicoba.

1.     Jastip atau Jasa Titip

Jastip sepertinya sudah bukan hal asing lagi di kalangan masyarakat. Bisnis di bidang jasa ini, banyak diminati karena sistemnya yang simpel dan mudah. Anda hanya perlu menawarkan jasa bagi para customer untuk titip beli berbagai barang.

Jenis barangnya beragam mulai dari tas, sepatu, kosmetik, baju, furnitur, dan lain sebagainya. Jastip bisa dilakukan di kota-kota besar Indonesia atau sampai ke luar negeri. Peluang usaha rumahan bagi Anda yang juga hobi berbelanja.

Bisnis ini mengutamakan target pasar dan promosi sebagai kunci utamanya. Jika Anda punya target pasar berupa barang branded, maka pembelinya harus dari kalangan pencari barang bermerek untuk dititip belikan.

Pemula dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial seperti Instagram, TikTok, atau mendaftarkan usaha e-commerce. Promosi harus dibuat semenarik mungkin dan pastikan bahwa jastip Anda terpercaya.

2.     Peluang Usaha Rumahan Sebagai Dropshipper

Dropshipper adalah solusi untuk menjaga maintenance pada bisnis Anda pasca pandemi ini. Sebagai dropshipper, Anda akan menjadi penjual dan pembeli suatu produk dalam satu waktu.

Cara kerjanya, Anda membeli suatu barang atas pesanan pelanggan. Selanjutnya yang diperlukan adalah supplier produk tersebut. Kemudian, pengusaha hanya perlu meneruskan pesanan pelanggan kepada supplier.

Nantinya, packing dan pengiriman produk akan dilakukan oleh supplier. Jadi, sebagai dropshipper, Anda hanya menjadi perantara antara konsumen dengan produsen. Peluang usaha rumahan ini tidak memerlukan modal besar sama sekali.

3.     Usaha Waralaba atau Franchise

Bisnis waralaba adalah jenis wirausaha dengan model kerja sama atau biasa disebut dengan kemitraan. Pengusaha akan bekerja sama dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Bisnis franchise cukup menjanjikan karena perusahaan kemitraan sudah memiliki nama yang dikenal masyarakat. Sehingga, Anda tidak memerlukan effort tinggi untuk melakukan promosi produk.

Usaha Waralaba sebenarnya sudah berkembang lama, tetapi kurang diminati karena dianggap memerlukan modal besar. Padahal, jika ditekuni usaha ini sudah setingkat lebih mudah karena mitra tidak perlu mengenalkan produk dari awal.

Anda hanya tinggal membuka bisnis dengan mitra yang diinginkan, nantinya pembeli akan datang sendiri. Sekarang, franchise sudah banyak jenisnya seperti laundry, makanan, jasa pengiriman barang, dan lain sebagainya.

4.     Ide Jual Camilan atau Makanan Ringan

Peluang usaha rumahan bagi ibu rumah tangga yang mengurus anak, salah satunya adalah bisnis makanan ringan. Anda bisa melihat peluang dengan memilih bahan baku yang mudah ditemukan seperti singkong, kentang, dan lain-lain.

Sekarang, banyak camilan seperti basreng atau bakso goreng yang dikeringkan kemudian digoreng sampai krispi ditambah bumbu cabai kering dan daun jeruk. Camilan jenis ini sedang banyak digemari kalangan remaja sampai dewasa.

Anda bisa memulai usaha ini di rumah, mulai dari produksi sampai packing. Untuk pemasaran, kami menyarankan untuk gencar promosi di sosial media. Distribusi sudah menjadi hal mudah mengingat ekspedisi bisa menjangkau sampai luar pulau.

5.     Usaha Baju Pre Order

Industri fashion memang tidak pernah luput dari perhatian masyarakat dunia. Bisnis ini dapat dijadikan peluang usaha rumahan bagi Anda yang baru ingin mulai berwirausaha. Biasanya, pemula cenderung takut memulai.

Karena khawatir sudah mengeluarkan modal dengan menyetok beberapa pakaian tetapi belum mempunyai target pasar yang luas. Sedangkan model pakaian akan selalu berubah dengan cepat.

Anda bisa meminimalisir kerugian dengan menjual baju menggunakan sistem pre order. Dengan sistem pre order, baju tentunya hanya akan diproduksi ketika ada pelanggan memesan saja.

Untuk memperkecil biaya produksi, penjual bisa mematok batas minimal pesanan. Jadi, tidak akan ada barang ready belum bertuan. Tidak perlu mengeluarkan modal skala besar untuk mencobanya.

Berwirausaha adalah pilihan tepat untuk menghadapi resesi. Mengingat, banyak perusahaan melakukan cut off besar-besaran untuk mengurangi jumlah pekerja Anda. Ide peluang usaha rumahan yang kami rekomendasikan, sangat cocok untuk dicoba pemula.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama